A. SOSIALISASI
PENGERTIAN : sbuah proses seumur hdup yg brkenaAn dgn bgimna indvdu mmplajari cra2 hdup srta n0rma&nilai s0sial yg trdpat dlm klmp0kx agar dpt brkmbang mnjdi pribadi yg dpt d trima oleh klmpokx.
Sosialisasi sbgai prses sosial mempunyai tjuan:
1. Mmbri ktrampilan &pngtahuan yg d btuhkan indvdu u/ mlangsungkan khdupanx kelak d masyrkat, tmpat dy mnjdi slah 1 angGotanya.
2.mnambah kmampuan indvdu scra efektif&efisien.
3. Membntu pngendalian fungsi2 organik yg dplajari mlalui latihan2 mawas dri yg tpat
4. Mmbiasakan indvdu dgn nilai2&kpercyaAn pk0k yg ada d dlm masyrkat
B. PROSES SOSIALISASI
1. TAHAP PERSIAPAN : dialami sjak lahir (usia 0- 2 thun) saAt sorang anak mmprsiapkan dri u/ mgenal dunia s0sialx, trmasuk u/ memproleh pmahaman ttg dri sndri.
2. TAHAP MENIRU: Ditandai dgn seorang anak (usia 2-5 thun) yg mulai meniru peran2 yg dlakukan orang dwsa. Pda thap ne anak mulai tw nma diri & siapa orTu, ka2k dLL. Kmampuan u/ mnempatkan dri pda p0sisi orang laen mulae trbntuk pda thap ini tapi, tidak bgtu sempurna.
C. TAHAP SIAP BERTINDAK : pda thap ne kmampuan indvdu (usia remaja) u/ mnempatkan dri pda p0sisi orang laen makin meningkat shngGa memungkinkan adanya kmampuan brmain scra brsama2. Pda thap ne adanya ksdaran u/ bela kLuarga, lawan interaksi mkin bnyak, mulai brhbungan dgn tman sebaya di luar rumah.
4. TAHAP PENERIMAAN NORMA KOLEKTIF : Pda thap ne indvdu udah d angGap dwasa. Sudah bsa mnempatkan driX pda posisi masyrkat scra luas & dpt brtengGang rsa dgn masyrkat scra luas & menydari pntingx praTuran, kmpuan bkerja sma bahkan dgn orang laen yg gak dikenalx. Pda thap ini jga, indvdu tsb telah mnjadi masyrkat dalam arti spenuhnya.
C. AGEN SOSIALISASI
Agen sosialisasi : pHak2 yg mlaksnakan/mlakukan s0sialisasi. Diantaranya:
a. KELUARGA (kinship) : mlipuTi orTu, kakek, sodara kndung (yg blum mnikah), dLL yg tnggal dlam 1 rumah.
b. TEMAN : dialami anak stlah ia mampu bpergian k luar rumah. Klmpok brmain lbih bnyak brperan dlm membntuk kepribadian anak. S0sialisasi dlm klmp0k brmain d lakukan dgn cra mmplajari pola intraksi dgn orang2 yg sdrajat dgn drix sndri. Mka dri iTu, kLmp0k brmain memplajari praturan yg mngatur pranan orang2 yg kdu2kanx sdrajat & juga mmplajari nilai2 keadilan.
C. SEKOLAH : mmplajari aTuran2 mngenai kmandirian, prestasi, universalisme & kekhasan. D skolah sbgian bsar tgas skolah hrus d Lkukan sndri dgn pnuh tangGung jwb.
D. MEDIA MASSA : besarx pngaruh agen ini trgantung pda kualitas & frekuensi pesan yg d sampaikan. Proses sosalisasi akan brjalan lancar jka pesan2 yg d smpaikan agen2 s0sialisasi tdak brtentangan / slayakx saling mndukung 1 sma laen.
D. FAKTOR2 MEMPENGARUHI SOSIALISASI
a. Kematangan fisik seseorang
Kmatangan fsik ini brkaitan dgn usia sseorang yg d prlukan u/ mens0sialisasikan cra2 berbhasa & mlakukan bberapa ktrampilan dsar. Contoh : gak tau aku e, yg tw smz ako hikz . . .
B. Lingkunga atau Sarana Sosialisasi.
Antara laen . . .
1. Interaksi dgn sesama: dprlukan u/ mmplajari pola2 kbudayaAn dan cra2 brpartisipazi dlm masyrkat dan membrikan plajaran tTg hak, kwajiban & tangGung jwb dlm hdup bermasyrkat serta tindakan2 yg sesuai dgn n0rma2 masyrkat. Interaksi ne sgat pnting dlm pRoses sosialasasi krena mrupakan swTu cra u/ mlatih indvdu hdup brmsyrkat.
2. BAHASA : bhsa dgunakan u/ memahami realitas sosial, mgkoMunikasikan gagasan2 dan mnyatakan pndangan2 maupun nilai2 seorang kpda orang lain dlm rngka hdup brmsyarkat.
3. KASIH SAYANG : ksih syang menciptakan linkungan s0sial yg k0ndusif bagi pRoses s0sialisasi. Ksih syang dperlukan bgi kshtan fsik&mental indvdu dan sbgai sarana k0munikasi dan bkerja sma dgn cra yg sling menguntungkan.
c. KEINGINAN YANG KUAT : faktor trpenting dlm pr0ses s0sialisasi adalah keinginan u/ mlakukan sswTu dgn bAEk, kpuasaN u/ mencpai prestasi pRiBadi, ato kbuTuhan akan pREstasi.
E. JENIS SOSIALISASI
A. SOSIALISASI PRIMER : sosialisasi ini brlangsung saAT anak brusia 1-5 tahun. Anak mulae mengenal angGota kLuarga dan Linkungan kLuargaX dan scra brthap dy mulai mampu membdakan driX dgn orang laen d sktar kLUargaX. Warna kpribadian anak akan ditenTukan oleh adanya intraksi yg trjdi d lingkungan kLuarganya. Dan krena anak mampu mnyerap sgala hal maka, apapun yg d serap anak di msa tsb akan mnjadi cri mndasar kpribadian anak stelah dwasa.
B. SOSIALISASI SEKUNDER : swtu pr0ses sosialisasi lnjuTan stelah sosialisasi primer. Dapat brupa resosialisasi dan desosialisasi. Dalam pr0ses Resosialisasi, seseorang dbri idENTitas dri yg bARu. Sedangkan desosialisasi, seorang mglami pncAbuTan idENtitas diri yg lama. Kdua pR0ses tsb dpat brlngsung di tmpat tingGAL dan tmpat bkerja.
c. Sosialisasi Represi : menekankan pda pngGunaAn hkuman trhdap kslahan yg dlakukan oleh indvdu. Cri s0sialisasi ne, pnekanan pda pngGunaAN materi dlm hkuman&imbalan.
D. SOSIALISASI PARTISIPASI : swtu pola ktika anak d bri imblan(jika prilakux baeg), dan hkuman (jka prilakux bruk). Hkuman&imbalan tsb brsifat simbolis.
SOSIALISASI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Best Free Slots - Casino | Mapyro
Casino 강릉 출장마사지 Casino Games. Try your luck and get the best free slots 충청남도 출장샵 games 평택 출장마사지 from more than 3000 군포 출장안마 software providers including 강원도 출장안마 Microgaming, Playtech, Microgaming,
Posting Komentar
Euy, buat yanG udAh buKa bl0g ku jaNGan LUpa k0ment yayaya...